Definisi konseptual variabel Kinerja Kepala Sekolah adalah proses dan hasil kegiatan penyelenggaraan pendidikan yang dilaksanakan menurut bidang tugas dan tanggungjawabnya sebagai kepala sekolah yang terungkap dari aktivitas, perilaku, produktivitas, manajemen, layanan belajar, dan mampu bersaing. Dari definisi konseptual ini diturunkan enam dimensi kajian : Dimensi aktivitas, Dimensi perilaku, Dimensi produktivitas, Dimensi manajemen, Dimensi layanan belajar, Dimensi mampu bersaing.
Dimensi aktivitas dideskripsikan menjadi indikator-indikator : (1) aktivitas kepala sekolah terhadap guru, (2) aktivitas kepala sekolah terhadap staf, (3) aktivitas kepala sekolah terhadap siswa.
Dimensi perilaku dideskripsikan menjadi indikator-indikator : (4) perilaku kepala sekolah terhadap guru, (5) perilaku kepala sekolah terhadap staf (6) perilaku kepala sekolah terhadap siswa.
Dimensi produktivitas dideskripsikan menjadi indikator-indikator : (7) proses hasil capaian kurikulum sekolah, (8) proses hasil capaian organisasi sekolah, (9) proses hasil capaian manajamen pendidikan sekolah.
Dimensi manajamen dideskripsikan menjadi indikator-indikator : (10) perencanaan kegiatan belajar mengajar, (11) pengawasan kegiatan belajar mengajar, (12) koordinasi kegiatan belajar mengajar.
Dimensi layanan belajar dideskripsikan menjadi indikator-indikator (13) tersedianya sarana dan prasarana kelas, (14) tersedianya fasilitas ruang pratikum, (15) tersedianya buku dan pedoman pengajaran.
Dimensi mampu bersaing dideskripsikan menjadi indikator-indikator : (16) mampu menciptakan kualitas siswa, (17) kemampuan guru yang berkualitas, (18) mampu mengembangkan dinamika kurikulum.
Dimensi aktivitas dideskripsikan menjadi indikator-indikator : (1) aktivitas kepala sekolah terhadap guru, (2) aktivitas kepala sekolah terhadap staf, (3) aktivitas kepala sekolah terhadap siswa.
Dimensi perilaku dideskripsikan menjadi indikator-indikator : (4) perilaku kepala sekolah terhadap guru, (5) perilaku kepala sekolah terhadap staf (6) perilaku kepala sekolah terhadap siswa.
Dimensi produktivitas dideskripsikan menjadi indikator-indikator : (7) proses hasil capaian kurikulum sekolah, (8) proses hasil capaian organisasi sekolah, (9) proses hasil capaian manajamen pendidikan sekolah.
Dimensi manajamen dideskripsikan menjadi indikator-indikator : (10) perencanaan kegiatan belajar mengajar, (11) pengawasan kegiatan belajar mengajar, (12) koordinasi kegiatan belajar mengajar.
Dimensi layanan belajar dideskripsikan menjadi indikator-indikator (13) tersedianya sarana dan prasarana kelas, (14) tersedianya fasilitas ruang pratikum, (15) tersedianya buku dan pedoman pengajaran.
Dimensi mampu bersaing dideskripsikan menjadi indikator-indikator : (16) mampu menciptakan kualitas siswa, (17) kemampuan guru yang berkualitas, (18) mampu mengembangkan dinamika kurikulum.
0 Komentar untuk " Definisi Konseptual, Operasional, Dimensi dan Indikator Kinerja Kepala Sekolah "