Definisi Konseptual, Operasional, Dimensi dan Indikator Kompetensi Guru



Definisi konseptual variabel kompetensi guru adalah kecakapan, keahlian, keterampilan dan kemampuan yang dimiliki oleh guru yang meliputi 4 kompetensi guru, yaitu kurikulum berbasis kompetensi yang berhubungan dengan kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik (kompetensi pedagogik), kompetensi yang berhubungan dengan keadaan pribadinya (kompetensi pribadi), kompetensi yang berhubungan dengan masyarakat atau lingkungannya (kompetensi sosial). dan kompetensi yang berhubungan dengan tugas profesionalnya sebagai guru (kompetensi profesional).

Definisi Operasional kompetensi kepala sekolah dasar negeri adalah skor yang diperoleh guru setelah tes kompetensi dasar dengan mengisi kuesioner tentang standar kompetensi yang merefleksikan kecakapan, keahlian, keterampilan dan kemampuan guru dalam menjalankan tugas profesionalnya yang meliputi empat dimensi kajian, yakni:

Dimensi Kompetensi Pedagogik dideskripsikan menjadi Indikator: 1) Pemahaman wawasan landasan kependidikan, 2) Pemahaman terhadap peserta didik, 3) Perancangan dan pelaksanan pembelajaran, 4) Pemanfaatan teknologi pembelajaran, 5) Evaluasi hasil belajar, 6) pengembangan peserta didik.

Dimensi Kompetensi Pribadi dideskripsikan menjadi Indikator 7) Menguasai pengetahuan dan bertanggungjawab terhadap disiplin ilmunya; 8) Memiliki pengetahuan penunjang tentang kondisi peserta didik; 9) Memiliki pengetahuan tentang materi pelajaran; 10) Memiliki pengetahuan tentang perkembangan peserta didik, 11) Memiliki kemampuan memotivasi peserta didik, dan 12) Mampu menjadi panutan dan suri tauladan.

Dimensi Kompetensi Sosial dideskripsikan menjadi Indikator 13) Mampu berinteraksi dengan sejawat, 14) Mampu berkomunikasi dengan masyarakat; 15) Mampu bergaul dan melayani masyarakat dengan baik; 16) mampu mendorong dan menunjang kreativitas masyarakat; 17) menjaga emosi dan perilaku yang kurang baik 18) Menjadi suri tauladan dan panutan masyarakat.

Dimensi Kompetensi Profesional dideskripsikan menjadi Indikator 19) Menyelenggarakan administrasi sekolah, 20) Menyelenggarakan penelitian sederhana untuk keperluan pengajaran, 21) Merencanakan sistem pembelajaran; 22) Melaksanakan sistem pembelajaran; 23) Mengevaluasi sistem pembelajaran; 24) Mengembangkan sistem pembelajaran.

2 Komentar untuk " Definisi Konseptual, Operasional, Dimensi dan Indikator Kompetensi Guru "