Contoh Hasil Uji Reliabilitas Menggunakan SPSS



Uji reliabilitas alat ukur dimaksudkan untuk mengetahui nilai instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data primer dari sampel penelitian reliabel atau tidak reliabel. Reliabel menunjukkan alat ukur yang digunakan dapat diandalkan. Pengujian dengan kriteria jika r hitung < 0,60 berarti tidak reliabel dan jika r hitung > 0,60 berarti reliabel. Contoh hasil pengujian reliabilitas dengan menggunakan SPSS adalah sebagai berikut:

Contoh Hasil Uji Reliabilitas Menggunakan SPSS

Nilai reliabilitas instrumen variabel motivasi kerja dengan dua belas pernyataan diperoleh nilai alpha Cronbach sebesar 0,811, instrumen variabel disiplin kerja dengan sebelas pernyataan diperoleh nilai alpha Cronbach sebesar 0,825, dan instrumen variabel kinerja pegawai dengan sebelas pernyataan diperoleh nilai alpha Cronbach sebesar 0,749. Karena Koefisien Reliabilitas ketiga instrumen variabel tersebut lebih besar dari angka penguji 0,60, maka hasil pengujian reliabilitas instrumen variabel tersebut dapat dinyatakan reliabel atau dapat diandalkan.

Interpretasi hasil pengujian reliabilitas ketiga instrumen variabel, hasil yang didapat reliabel yang bermakna bahwa pernyataan-pernyataan penelitian yang dipergunakan sebagai alat ukur dapat diandalkan untuk mengukur masing-masing variabelnya.

0 Komentar untuk " Contoh Hasil Uji Reliabilitas Menggunakan SPSS "