Definisi Konseptual, Operasional, Dimensi dan Indikator Kompetensi Guru



Definisi konseptual variabel kompetensi guru adalah kecakapan, keahlian, keterampilan dan kemampuan yang dimiliki oleh guru yang meliputi 4 kompetensi guru, yaitu kurikulum berbasis kompetensi yang berhubungan dengan kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik (kompetensi pedagogik), kompetensi yang berhubungan dengan keadaan pribadinya (kompetensi pribadi), kompetensi yang berhubungan dengan masyarakat atau lingkungannya (kompetensi sosial). dan kompetensi yang berhubungan dengan tugas profesionalnya sebagai guru (kompetensi profesional).

Definisi Operasional kompetensi kepala sekolah dasar negeri adalah skor yang diperoleh guru setelah tes kompetensi dasar dengan mengisi kuesioner tentang standar kompetensi yang merefleksikan kecakapan, keahlian, keterampilan dan kemampuan guru dalam menjalankan tugas profesionalnya yang meliputi empat dimensi kajian, yakni:

Dimensi Kompetensi Pedagogik dideskripsikan menjadi Indikator: 1) Pemahaman wawasan landasan kependidikan, 2) Pemahaman terhadap peserta didik, 3) Perancangan dan pelaksanan pembelajaran, 4) Pemanfaatan teknologi pembelajaran, 5) Evaluasi hasil belajar, 6) pengembangan peserta didik.

Dimensi Kompetensi Pribadi dideskripsikan menjadi Indikator 7) Menguasai pengetahuan dan bertanggungjawab terhadap disiplin ilmunya; 8) Memiliki pengetahuan penunjang tentang kondisi peserta didik; 9) Memiliki pengetahuan tentang materi pelajaran; 10) Memiliki pengetahuan tentang perkembangan peserta didik, 11) Memiliki kemampuan memotivasi peserta didik, dan 12) Mampu menjadi panutan dan suri tauladan.

Dimensi Kompetensi Sosial dideskripsikan menjadi Indikator 13) Mampu berinteraksi dengan sejawat, 14) Mampu berkomunikasi dengan masyarakat; 15) Mampu bergaul dan melayani masyarakat dengan baik; 16) mampu mendorong dan menunjang kreativitas masyarakat; 17) menjaga emosi dan perilaku yang kurang baik 18) Menjadi suri tauladan dan panutan masyarakat.

Dimensi Kompetensi Profesional dideskripsikan menjadi Indikator 19) Menyelenggarakan administrasi sekolah, 20) Menyelenggarakan penelitian sederhana untuk keperluan pengajaran, 21) Merencanakan sistem pembelajaran; 22) Melaksanakan sistem pembelajaran; 23) Mengevaluasi sistem pembelajaran; 24) Mengembangkan sistem pembelajaran.

Related Post

  • Jenis dan Macam Akuntabilitas Pemerintahan Menurut jenisnya, akuntabilitas dapat dibedanya atas akuntabilitas internal dan akuntabilitas eksternal seorang menjalankan tugas dan fungsinya dalam organisasi pemerintahan.…
  • Istilah Hukum Tata Negara Hukum Tata Negara dikembangkan di beberapa negara dengan peristilahan yang berbeda-beda. Perbedaan peristilahan ini lebih merupakan perbedaan kebahasaan dan perbedaan cakupan…
  • Pengertian Hukum Militer Secara umum dapat dikatakan bahwa hukum militer mempunyai arti seperti yang tersirat pada dua kata yang membentuknya. Oleh karena itu tergantung dari sudut mana kita mengerti…
  • Undang-Undang Keimigrasian Indonesia Pesatnya perkembangan arus lalu lintas orang dan pengaruh tuntutan era globalisasi yang tidak dapat dibendung masalah keimigrasian perlu menyikapinya dengan cara mengubah ata…
  • Pengertian Hukum Tata Negara Menurut Para Ahli Pengertian Hukum Tata Negara berasal dari perkataan hukum, tata, dan negara. Pada umumnya, hukum dikaitkan sebagai peraturan-peraturan mengenai tingkah laku orang perorang di…