Rumus-Rumus Pengambilan Sampel Penelitian



Banyak rumus pengambilan sampel penelitian yang dapat digunakan untuk menentukan jumlah sampel penelitian. Pada prinsipnya penggunaan rumus-rumus penarikan sample penelitian digunakan untuk mempermudah teknis penelitian. Sebagai misal, bila populasi penelitian terbilang sangat banyak atau mencapai jumlah ribuan atau wilayah populasi terlalu luas, maka penggunaan rumus pengambilan sample tertentu dimaksudkan untuk memperkecil jumlah pengambilan sampel atau mempersempit wilayah populasi agar teknis penelitian menjadi lancar dan efisien.Contoh-contoh praktis pengambilan sampel yang paling banyak digunakan dalam penelitian adalah sebagai berikut :

Rumus Slovin


di mana :
n = ukuran sampel N = ukuran populasi
e = persen kelonggaran ketidaktelitian karena kesalahan pengambilan sampel
yang masih dapat ditolerir atau diinginkan, misalnya 10%.

Rumus Issac dan Michael

Rumus Issac dan Michael dimana :

s = Jumlah sample
N = Jumlah populasi
λ2 = Chi Kuadrat, dengan dk = 1, taraf kesalahan 1%, 5% dan 10%
d = 0,05
P = Q = 0,5

Rumus Sampling Fraction Per Cluster

Rumus sample per cluster
Kemudian didapat besarnya sample per cluster

ni = fi x n

Keterangan :
fi = sampling fraction cluster
Ni = banyaknya individu yang ada dalam cluster
N = banyaknya populasi seluruhnya
n = banyaknya anggota yang dimasukkan sampel
ni = banyaknya anggota yang dimasukkan menjadi sub sampel

Menurut Sugiyono pada perhitungan yang menghasilkan pecahan (terdapat koma) sebaiknya dibulatkan ke atas.

Sugiono mengemukakan cara menentukan ukuran sampel yang sangat praktis, yaitu dengan tabel Krejcie. Dengan cara tersebut tidak perlu dilalukan perhitungan yang rumit. Krejcie dalam melakukan perhitungan sampel didasarkan atas kesalahan 5%. Jadi sampel yang diperoleh itu mempunyai kepercayaan 95% terhadap populasi.

Tabel Krejcie

N = Populasi S = Sampel (Sugiono, 2005:63)

26 Responses to " Rumus-Rumus Pengambilan Sampel Penelitian "

  1. klo boleh tau untuk rumus sampling Fraction Per Cluister refrensi nya diambil dari mana ? untuk mempergunakan rumus tersebut
    tolong kirim email saya
    indra_cgh@yahoo.com

    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. saya mau tanya
    rumus cluster sampling apa yah??
    mksh ^_^

    BalasHapus
  3. cara pengambilan sampel bertingkat(statified sampling gmn?? da rmsnx g???
    lw da tlng krmin k emal saya
    dodiseprinaldi@yahoo.com

    makasih sebelumnya

    BalasHapus
  4. permisii,,,maw tanya..
    hummm..intinya saya mau sebar quisioner 100 lembar,,tp bingung kl d tanya 100 itu perhitungannya dr mn??
    gmn ya cr nya bs dpt 100,,bantuan nya pliss smua nya,,:))

    BalasHapus
  5. tesisdisertasi.cs13 April 2011 13.11

    Tentukan saja popoulasi penelitiannya 100, kemudian gunakan penelitian sensus atau mengambil seluruh jumlah populasi.

    Arikunto (1998:125) mengatakan bahwa :

    Sebagai ancer-ancer, jika peneliti mempunyai beberapa ratus subyek dalam populasi, mereka dapat menentukan kurang lebih 25% -30% dari jumlah subyek tersebut. Jika jumlah anggota subyek dalam populasi hanya meliputi antara 100 hingga 150 orang dan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan angket/kuesioner, sebaiknya subyek sejumlah itu diambil seluruhnya. Sehingga dapat dikatakan sebagai penelitian sensus.

    Mengenai sensus Ruslan (2008:142) mengatakan;
    Alasan melakukan sensus, yaitu peneliti sebaiknya mempertimbangkan untuk meneliti seluruh elemen-elemen dari populasi, jika elemen populasi relatif sedikit dan variabilitas setiap elemennya yang tinggi (heterogen). Sensus lebih layak dilakukan jika penelitian yang dimaksudkan untuk menjelaskan karakteristik setiap elemen dari suatu populasi.

    Semoga bermanfaat...

    BalasHapus
  6. saya bingung dengan penggunaan rumus cLuster sampling ini.. kaLo seumpama populasinya 240. sampLe yang diperoLeh berapa? mohon d baLas yaa.. terima kasih
    ToloNg balas d emaiL saya.
    meilisa_windy@yahoo.com

    BalasHapus
  7. bagaimana menggunakan rumus cluster sampling jika jumlah populasinya tidak diketahui? apakah ada rumus yang lain?
    terimkasih.

    BalasHapus
  8. klo populasinya ada 47 masih boleh diambil sampel gag? coz 47 itu itu tersebar merata dikabupaten,,, untuk bisa nemui orang itu satu-satu, ud kebayang capeknya,,, jadi pengennya ce diambul sample. mohon penjelasanya terimaksih

    BalasHapus
  9. Mau tanya kalo populasinya ada 800an, pingin'a dapat sampeL 100 /kurang pake rumus apa ya? Gimana?
    cushy_q@yahoo.com

    BalasHapus
  10. dalam rumus slovin, nilai "e" nya apakah kita yang menentukan sendiri???

    BalasHapus
  11. saya mau nanya, kelebihan sama kekurangan rumus masing - masing apa yah?
    dan bagaimana kita tahu harus menggunakan rumus slovin atau rumus Isaac dan Michael atau rumus fraction per cluster?
    mohon bantuannya yak.

    heraldy_risva@yahoo.com

    BalasHapus
  12. kasih contoh soal berserta jawabannya tentang rumus isaac dan michael

    BalasHapus
  13. minta tolong dijelasin kalau misalnya populasi didaerah penelitian saya ada 1200 petani, dr dosen menyarankan ambl 5% aj tp tdk diberitau dasar teoriny, sudah saya cari kemana2 tp g dpt, dosen cm blg alasanny ditulis karena keterbatsan waktu, sistem budidaya yang relatif sama dan produk yang dihasilkan bersifat homogen. apa mgkn ada teori yang mengangkat alasan yang seperti ini? makasi sebelumnya..

    fatiahhasan@yahoo.com

    BalasHapus
  14. Rumus Slovin d atas salah..yg bener:
    n=N/1+(N*e^2)

    BalasHapus
  15. assalmu alaikum, sy bingung menentukan sampel dari populasi 680 kira2 pake rumus apa n gimana cara itungnya?? thanks b'4.

    BalasHapus
  16. saya masih belum paham untuk rumus cluster sampling, saya punya data 1.150.000 dibagi 30 daerah. saya masih bingung untuk memilih clusternya. terima kasih.tolong balas ke claradesip@gmail.com

    BalasHapus
  17. sy masih bingung untuk menentukan sampel dari data populasi 1.250.000 yg dibagi dalam 30 kelompok, bagaimana menentukan sampel acak untuk yg kelompoknya, terima kasih
    maaf, jika akan membalas ke Claradesip@gmail.com
    terimakasih banyak.

    BalasHapus
  18. Maaf saya mau tanya. Kalo rumus fraction cluster itu kan ada n sama ni. Maksudnya jumlah sampel dan subsampel itu gimana ya? Apakah sampel itu dr jumlah populasi yang memenuhi syarat utk jadi sampel?
    Kemudian rumusnya bisa saya dapatkan dr buku mana? Boleh minta referensinya? Makasih banyak
    saya tunggu jawabannya via email aja ya mas, email saya rinidw23@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  19. Maaf saya mau tanya. Kalo rumus fraction cluster itu kan ada n sama ni. Maksudnya jumlah sampel dan subsampel itu gimana ya? Apakah sampel itu dr jumlah populasi yang memenuhi syarat utk jadi sampel?
    Kemudian rumusnya bisa saya dapatkan dr buku mana? Boleh minta referensinya? Makasih banyak
    saya tunggu jawabannya via email aja ya mas, email saya rinidw23@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  20. asalll copas saja nii ??
    tolong dong dikasih sumbernya ??
    jangan ASAL COPAS. !!!!!
    suwun.,

    BalasHapus
  21. maaf,, yang namanya rumus itu baku/konstan dan pasti sama di berbagai referensi manapun, jadi tidak ada istilah asal copas... jika anda merasa kesulitan kami sudah menyediakan contact yg dapat dihubungi untuk layanan konsultasi, baik dalam penyusunan proposal penelitian maupun pengolahan data statistik, semua itu gratis, kalau anda memang seorang yang terpelajar bisa mengunakan sebaik-baiknya. trims...

    BalasHapus
  22. Mf saya mau tnya, sy pnya populasi 50 orang dgn pengmbiln total sampling, yg mau sya tnykn apakah msh perlu dlkkn estimasi pengmbiln sampel....
    Terima ksh,.

    Blz lwt email sya.
    Nanapriana45@yahoo.com

    BalasHapus
  23. mohon m'f , saya mau bertanya, kalau populasi saya sebanyak 84 orang, bagaimana cara nya?? apakah perlu untuk dicari lagi atau tidak,
    kalau misalnya iya, seperti apa rumusnya,??
    mohon jawabannya segeraaa,,, :)

    kirim lewat email andiniflower@ymail.com

    trim's

    BalasHapus
  24. Salam Kenal... sy punya populasi sebesar 529.118 orang tersebar di 8 kecamatan;
    Kecamatan Kota Baru 137.856 orang, Jambi Selatan 123.201 orang, Jelutung 60.141 orang, Pasar Jambi 12.988 orang, Telanaipura 92.603 orang, Danau Teluk 11.803 orang, Pelayangan 12.895 orang dan Jambi Timur 77.631 orang. tlg ya dicarikan besar sampel per kecamatan dan total sampelnya dg metode Slovin atau Krejcie dan Morgan. terimkasih sangat sebelumnya. sangat sy nantikan bantuan bapak..., mhn dikirim ke emal sy; tanjab67@yahoo.co.id.

    Salam, Yaldi

    BalasHapus
  25. To: tanjab67@yahoo.co.id

    Populasi sebesar 529.118 orang terdiri dari Kecamatan Kota Baru 137.856 orang, Jambi Selatan 123.201 orang, Jelutung 60.141 orang, Pasar Jambi 12.988 orang, Telanaipura 92.603 orang, Danau Teluk 11.803 orang, Pelayangan 12.895 orang dan Jambi Timur 77.631 orang.

    Berdasarkan rumus Slovin, maka perhitungan sampel dapat dihitung 99,98. Menurut Sugiyono pada perhitungan yang menghasilkan pecahan (terdapat koma) sebaiknya dibulatkan ke atas, maka sampel penelitian 99,98 dibulatkan jadi 100 responden.

    Penentuan Proporsi Sampel Penelitian

    1. Kota Baru 137.856/529.118x100 = 26
    2. Jambi Selatan 123.201/529.118x100 = 23
    3. Jelutung 60.141/529.118x100 = 11
    4, Pasar Jambi 12.988/529.118x100 = 2
    5. Telanaipura 92.603/529.118x100 = 18
    6. Danau Teluk 11.803/529.118x100 = 2
    7. Pelayangan 12.895/529.118x100 = 2
    8. Jambi Timur 77.631/529.118x100 = 15

    Keterangan: sub populasi : populasi x sampel (jumlah sub populasi dibagi populasi dikali sampel)


    NB: jika anda kesulitan kami sudah menyediakan contact yg dapat dihubungi untuk layanan konsultasi gratis.

    BalasHapus
  26. Kalo populasinya 600 jml sampelnya brp yah bs minta tolong di itungin pake rumus? Butuh bgt buat skripsi soalnya :)

    Itu e nya bebas di tentukan brp persennya gitu?

    Kalo bs di bls yah mbak atau mas,,
    Bls di sini jg gpp di email jg gpp
    Dlulus@ymail.com makasih

    BalasHapus