Pengujian Validitas Instrumen Penelitian



Pengujian Validitas Instrumen Penelitian berfungsi atau bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak item kuesioner penelitian yang valid dan seberapa banyak item kuesioner penelitian yang tidak valid. Valid mengandung pengertian bahwa kuesioner penelitian yang digunakan untuk mendapat data dari para responden yang menjadi sample penelitian dapat dianggap efektif untuk mengungkap masalah atau obyek yang diteliti. Selanjutnya, pengukuran pengaruh/hubungan hanya menggunakan data yang valid saja; dan data yang tidak valid tidak terpakai. Apabila hasil pengujian validitas menunjukkan bahwa data yang tidak valid mencapai lebih 50 persen dari jumlah item kuesioner yang disampaikan kepada para reesponden, maka pengolahan data tidak bisa dilanjutkan ke dalam pengukuran pengaruh/hubungan dan pengujian hipotesis. Alasannya, ratio jumlah data yang valid dianggap tidak dapat merepresentasikan keseluruhan masalah atau obyek penelitian.

Pengujian Validitas Instrumen Penelitian menggunakan rumus statistic Koefisien Korelasi Product Moment. Karena pengujian berlaku atas sekian banyak item kuesioner penelitian, maka teknis penghitungan statistik koefesien korelasi dapat menggunakan Program SPSS for Windows.

Valid atau tidak validnya data yang diuji diketahui dari angka hasil pengukuran koefisien korelasi pada setiap item kuesioner yang dibandingkan dengan angka pembanding yang ada pada Tabel r Kritik Product Moment. Angka pembanding pada table tersebut ditemukan berdasarkan jumlah sample penelitian dan taraf kepercayaan yang dipilih (degree of freedom). Ketentuan Pengujian Validitas : apabila angka penghitungan koefisien korelasi pada setiap item kuesioner lebih besar dari angka pembanding pada Tabel r Kritik Product Moment ( r > table r ), maka item kuesioner tersebut dapat dinyatakan valid; dan sebaliknya. Hasil dari pengujian validitas instrumen tampak dari data mentah yang tersusun dalam Tabel Distribusi Jawaban Responden sebelum dilakukan pengujian, dan data matang yang tersusun dalam Tabel Distribusi Jawaban Responden setelah pengujian.

0 Komentar untuk " Pengujian Validitas Instrumen Penelitian "