Pengujian Reliabilitas Alat Ukur



Pengujian Reliabilitas Alat Ukur berfungsi atau bertujuan untuk mengetahui apakah kuesioner penelitian yang digunakan untuk mendapat data primer dari para responden penelitian layak dianggap reliable (dapat diandalkan) atau tidak reliable (tidak dapat diandalkan).

Pengertian reliable adalah bahwa meskipun kuesioner yang sama diberikan dua kali kepada para responden yang sama namun dalam situasi yang berbeda, kuesioner tidak menimbulkan penafsiran yang tidak jauh berbeda di antara hasil penyebaran kuesioner yang pertama kali dengan hasil penyebaran kuesioner yang kedua kali. Atau tepatnya, kuesioner penelitian mudah dimengerti dan mudah dijawab oleh para responden.

Apabila hasil pengujian reliabilitas alat ukur menunjukkan bahwa data yang diolah tidak reliable, maka pengolahan data tidak bisa dilanjutkan ke dalam pengukuran pengaruh/hubungan dan pengujian hipotesis. Alasannya, data yang diperoleh dari para responden penelitian dianggap tidak dapat diandalkan untuk merepresentasikan masalah atau obyek penelitian.

Pengujian Realibilitas Alat Ukur dapat menggunakan satu rumus statistik dengan Teknik Analysis Alpha Chrombach, Rulon dan Spearman Brown.

0 Komentar untuk " Pengujian Reliabilitas Alat Ukur "