Konsep Pemahaman Judul Penelitian



Dari judul penelitian yang dipilih, maka konsep pemahaman judul penelitian harus mengandung unsur sebagai berikut:

Pertama, pemilihan judul penilitian terhindar dari perangkaian kalimat yang membingungkan dan mempersulit penyusunan konsep penelitian.

Kedua, berdasarkan asumsi terhadap fenomena yang dikritisi serta dalil yang dikemukakan maka judul penelitian yang dipilih telah menggambarkan secara jelas posisi variabel-variabel yang dijadikan obyek kajian, dan terungkap juga kejelasan konsep gagasan yang tercakup dalam judul penelitian itu.

Ketiga, dengan judul penelitian yang dipilih maka konsep gagasan yang diaktualisasikan menjadi sangat jelas yaitu pengujian Hipotesis melalui rangkaian rumus-rumus statistik dalam rangka pengakajian hubungan kausalitas di antara variabel X (antecedent) dengan variabel Y (konsekuensi)

Keempat, dengan konsep gagasan tersebut maka standar penggunaan metode penelitian juga menjadi lebih jelas, karena prosedur dan tata cara pengujian Hipotesis sudah jelas dan berlaku universal.

Kelima, dengan konsep gagasan yang terkandung dalam judul penelitian yang demikian itu, maka hasil penelitian layak dianggap sebagai suatu inovasi ilmu pengetahuan yang berbasis pada kajian empirik. Dan bila inovasi ilmu pengetahuan itu (hasil pengujian Hipotesis) dikembangkan dengan pendekatan analisis deskriptif yang konsepsional, maka hasil penelitian yang demikian itu layak dianggap sebagai suatu teori baru yang pantas dijadikan rujukan.

Keenam, dengan judul penelitian yang dipilih maka dapat diketahui perbedaan di antara penyusunan karya tulis ilmiah yang didasarkan pada Uji Hipotesis dengan penyusunan karya ilmiah yang tidak didasarkan pada Uji Hipotesis. Perbedaan dimaksud adalah bahwa hasil penelitian yang didasarkan pada Uji Hipotesis dapat memberikan teori baru (theory = konsep pemikiran ideal akan sesuatu) serta memberikan juga ilmu pengetahuan (knowlegue = realitas/gambaran faktual) tentang berbagai hal yang dijadikan obyek penelitian; sedangkan hasil penelitian yang tidak didasarkan pada Uji Hipotesis tidak memberikan teori baru karena hanya memberikan ilmu pengetahuan tentang berbagai hal yang dijadikan obyek penelitian. Pengertian dan konsep teori baru yang dimaksud terkemas dalam konsep operasional variabel penelitian (definisi konseptual, dimensi kajian dan indikator penelitian) serta penerapan analisis dekriptif konseptual dalam proses pembahasan hasil penelitian. Konsep operasional tersebut dapat menjadi konsep pemikiran ideal bila dilanjutkan dengan analisis deskriptif konseptual, yaitu pembahasan hasil penelitian atau hasil analisis kuantitatif yang dikembangkan menurut konsep operasional variabel penelitian dan direlevansikan dengan data lapangan atau teori-teori yang dijadikan rujukan.

0 Komentar untuk " Konsep Pemahaman Judul Penelitian "