Contoh Perumusan Masalah Metode Penelitian Kualitatif



Contoh Perumusan Masalah Metode Penelitian Kualitatif. Contoh Pertama, dari uraian latar belakang penelitian yang dikemukakan teridentifikasi sejumlah masalah berikut :


  1. Dinamika lembaga urusan pertanahan dewasa ini begitu cepat berubah dan Badan Pertanahan Nasional seringkali mengalami kesulitan dalam melakukan antisipasi dan penyesuaian terhadap perubahan lingkungan eksternal organisasi.
  2. Adanya sejumlah lembaga yang sama-sama menangani urusan pengelolaan sumber daya lingkungan ternyata menimbulkan permasalahan tumpang tindih penanganan urusan pertanahan dan permasalahan tersebut berdampak pada lemahnya pelaksanaan koordinasi oleh Badan Pertanahan Nasional dalam melaksanakan fungsi kelembagaan.
  3. Pelaksanaan kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah tidak hanya menimbulkan sejumlah kendala hubungan antar unit kerja pemerintahan namun menimbulkan juga masalah dalam mengimplementasikan kebijakan nasional pertanahan.
  4. Kapasitas kelembagaan Badan Pertanahan Nasional masih belum optimal dalam menyelenggarakan pelayanan publik di bidang pertanahan, terutama kapasitas kelembagaan Badan Pertanahan Nasional pada daerah-daerah pemekaran.


Dengan uraian identifikasi masalah yang dikemukakan maka rumusan masalah yang dinyatakan dengan pertanyaan penelitian berikut :

Bagaimana kapasitas kelembagaan Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung Barat dalam menyelenggarakan pelayanan sertifikasi tanah?

Contoh Perumusan Masalah Metode Penelitian Kualitatif Kedua, implementasi kebijakan lingkungan hidup publik merupakan serangkaian upaya untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Pencapaian tujuan-tujuan tersebut jelas sangat membutuhkan dukungan berbagai faktor yang dapat memperjelas, mempermudah dan memperlancar proses implementasi kebijakan. Faktor-faktor yang dimaksud tentu tidak terbatas hanya dalam perspektif internal instansi pelaksana kebijakan saja; namun mencakup juga faktor-faktor yang tercakup dalam perspektif eksternal instansi tersebut. Dengan demikian terdapat sejumlah faktor yang secara fungsional atau kondisional membentuk proses implementasi kebijakan lingkungan hidup. Dalam konteks ini, rumusan masalah diajukan dengan pertanyaan penelitian berikut :

Faktor-faktor apa yang menyebabkan implementasi kebijakan lingkungan hidup belum efektif untuk mengatur dan mengendalikan pengelolaan sumber daya lingkungan hidup di Provinsi Papua?

1 Komentar untuk " Contoh Perumusan Masalah Metode Penelitian Kualitatif "