Pengaruh Pengawasan Terhadap Efektivitas Organisasi Biro Perencanaan Dan Anggaran



Abstrak

Pengaruh Pengawasan Terhadap Efektivitas Organisasi Biro Perencanaan Dan Anggaran (Studi tentang hubungan kausalitas di antara pelaksanaan fungsi Pengawasan dengan Efektivitas Organisasi Biro Perencanaan dan Anggaran Sekretariat Jenderal Departemen Dalam Negeri)
106 halaman, 5 bab, xv, 18 tabel, 5 gambar, 1 matrik, 2 grafik, 13 lampiran
Daftar Pustaka : 33 buku dan dokumen (1983 - 2006)

Latar belakang masalah penelitian adalah fenomena Organisasi Biro Perencanaan dan Anggaran Sekretariat Jenderal Departemen Dalam Negeri belum efektif. Belum efektifnya Organisasi Biro Perencanaan dan Anggaran tersebut banyak dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Diantara banyak faktor yang mempengaruhi Organisasi Biro Perencanaan dan Anggaran, penulis berasumsi bahwa Pengawasan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap Organisasi Biro Perencanaan dan Anggaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membahas pengaruh Pengawasan terhadap Organisasi Biro Perencanaan dan Anggaran. Sampel sebanyak 115 responden yang terdiri dari pegawai Biro Perencanaan dan Anggaran Sekretariat Jenderal Departemen Dalam Negeri; Inspektorat Jenderal Departemen Dalam Negeri, serta Bendaharawan dan Pembantu Bendaharawan. Jumlah pengambilan sampel tersebut diperoleh dari jumlah populasi 382 orang.

Metode penelitian untuk mengoperasionalisasikan variabel-variabel penelitian adalah 1) Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Stratifikasi Random Sampling; 2) Scoring atas jawaban-jawaban responden menggunakan Teknik Skala Likert; 3) Analisis Data menggunakan Metode Analisis Kuantitatif; 4) Untuk mengetahui besarnya pengaruh Pengawasan terhadap Organisasi Biro Perencanaan dan Anggaran digunakan teknik statistik Regresi dan Korelasi Sederhana.

Dari pembahasan hasil penelitian yang menggunakan metode analisis kuantitatif diperoleh kesimpulan sebagai berikut :

Pertama, Terdapat pengaruh Pengawasan terhadap variabel Efektivitas Organisasi Biro Perencanaan dan Anggaran, karena hasil penghitungan statistik t hitung > t tabel atau 5,500 > 1,960. Pengaruh Pengawasan terhadap Efektivitas Organisasi Biro Perencanaan dan Anggaran sebesar 0,577 diperoleh dari persamaan regresi Ŷ = 14,286 + 0,577 X. Pengaruh ini terbilang cukup kuat dan positif (searah).

Kedua, Pengaruh yang positif itu bermakna bahwa apabila Pengawasan yang meliputi pengawasan melekat dan pengawasan fungsional ditingkatkan atau meningkat, maka peningkatan pengawasan tersebut akan diimbangi dengan peningkatan Efektivitas Organisasi Biro Perencanaan dan Anggaran Sekretariat Jenderal Departemen Dalam Negeri. Hal ini dapat terjadi karena diantara variabel Pengawasan dengan variabel Efektivitas Organisasi Biro Perencanaan dan Anggaran terjalin suatu hubungan mekanis kausalitas. Hubungan kausalitas ini didasarkan pada konsep penelitian yang memposisikan Pengawasan sebagai variabel antecedent dan Efektivitas Organisasi Biro Perencanaan dan Anggaran sebagai variabel konsekuensi.

Berdasarkan pokok-pokok kesimpulan yang demikian itu, maka saran-saran yang perlu disampaikan kepada pimpinan Biro Perencanaan dan Anggaran Sekretariat Jenderal Departemen Dalam Negeri adalah sebagai berikut :

Pertama, Untuk meningkatkan Efektivitas Organisasi Biro Perencanaan dan Anggaran Sekretariat Jenderal Departemen Dalam Negeri, perlu dilaksanakan suatu Diklat Teknis Perencanaan Program Kerja dan Perencanaan Anggaran Tahunan yang bertujuan meningkatkan kapasitas dan integritas aparatur Biro Perencanaan dan Anggaran dalam menjabarkan Perencanaan Strategis Departemen Dalam Negeri menjadi Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Tahunan; dalam melaksanakan sistem anggaran berbasis kinerja pengawasan, dan dalam menyikapi pelaksanaan sistem pengawasan melekat dan pengawasan fungsional.

Kedua, Untuk meningkatkan efektivitas pengawasan, perlu dikembangkan metode pemeriksaan keuangan, metode pemeriksaan kinerja dan metode pemeriksaan dengan tujuan tertentu. Pengembangan metode pengawasan ini dilakukan melalui suatu kegiatan kajian pengembangan sistem pengawasan yang terintegrasi secara konsepsional menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.


0 Komentar untuk " Pengaruh Pengawasan Terhadap Efektivitas Organisasi Biro Perencanaan Dan Anggaran "