Contoh Analisis Statistik Deskriptif Menggunakan Rumus Sturges



Statistik deskriptif adalah statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Termasuk dalam statistik deskriptif antara lain perhitungan mean, median dan modus, perhitungan penyebaran data melalui perhitungan rata-rata dan standar deviasi serta penyajian data melalui tabel frekuensi dan grafik histogram. Contoh analisis statistik deskriptif menggunakan Rumus Sturges untuk Distribusi Frekuensi adalah sebagai berikut :

Jumlah kelas dalam pengelompokkan data (Rumus Sturges)

k = 1 + 3,322 log n

Penyusunan distribusi berdasarkan besarnya interval kelas :

Jarak
i = -----------------------
1 + 3,322 log n

Keterangan :
i = interval kelas, adalah jarak nilai terendah dan tertinggi dalam suatu kelas.
j = jarak/selisih antara nilai maksimal dengan nilai minimum
1 + 3,322 log n = jumlah kelas

Hasil kuesioner yang telah diterima dari responden ditabulasikan kemudian dibuat distribusi frekuensi. Distribusi data terlebih dahulu dikelompokkan ke dalam interval kelas. Pengelompokkan ini diambil menurut nilai terendah sampai nilai tertinggi. Dengan demikian diperoleh rentang skor empiris antara 46 sampai 73 dengan rentang (range) 27. Kemudian dari hasil pengolahan data diperoleh skor rata-rata (mean) sebesar 59,59, median 62,00, modus 63, standar deviasi 7,237 dan varians 52,372.

Penyusunan distribusi frekuensi menurut aturan Sturges untuk data disiplin diperoleh 7 kelas interval dan panjang kelasnya 4, untuk lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut:

Tabel Distribusi Frekuensi
Tabel Distribusi Frekuensi

Berdasarkan tabel tersebut dapat diketahui bahwa skor rata-rata sebanyak 8 responden atau 8,42%, skor di bawah rata-rata sebanyak 38 responden atau 40% dan skor di atas rata-rata sebanyak 49 responden atau 51,58%.

Distribusi frekuensi juga disajikan dalam bentuk histogram seperti pada grafik berikut:

histogram

Grafik histogram tersebut menunjukkan adanya garis melengkung simetris membentuk sebuah lonceng. serta median dan modus mendekati rata-ratanya. Hal ini menunjukkan bahwa data berdistribusi normal.


0 Komentar untuk " Contoh Analisis Statistik Deskriptif Menggunakan Rumus Sturges "