Sifat-Sifat Kepemimpinan yang Efektif



Sifat-Sifat Kepemimpinan yang Efektif. Kepemimpinan: Suatu Panduan Sifat yang Langka. Suatu perusahaan besar mencari seorang presiden dan pejabat eksekutif utama. Ia harus mampu memimpin perusahaan multi-divisi yang besar dengan instalasi tersebar di seluruh dunia. Melapor kepada dewan direksi. Kesempatan bagus untuk manajer senior dengan pengalaman yang terbukti untuk menempati kedudukan penuh prestise ini. Bakat kepemimpinan itu adalah suatu keharusan.

Pemimpin perusahaan yang berhasil dalam lingkungan yang banyak menuntut dewasa ini, cenderung memiliki paling sedikit delapan sifat pribadi. Jelas bahwa dalam setiap individu, beberapa sifat itu lebih nyata daripada yang lain dan beberapa lagi kurang menonjol. Namun demikian, pemimpin organisasi yang ulung idealnya memiliki suatu kombinasi dari kebanyakan sifat berikut ini:

Kemampuan untuk memusatkan perhatian. DEO yang dapat menangkap perhatian dari setiap insan dalam organisasi memiliki salah satu unsur terpenting dari kepemimpinan. Pribadi seperti itu memancarkan pemikiran tunggal tingkat tinggi dan dedikasi terhadap suatu pandangan – suatu jadwal atau cetak biru masa depan. Pemilikan pandangan ini membedakan pemimpin yang berbakat dari mereka yang kurang berbakat. CEO yang memiliki pandangan, tidak akan pernah kehilangan pandangan objektif jangka panjangnya sementara masing menangani kesempatan dalam jangka pendek atau kemunduran dalam lingkungan yang selalu berubah.

Penekanan pada nilai yang sederhana. Pemimpin perusahaan yang menganut seperangkat nilai dasar yang sederhana, dan selalu menekankan nilai itu dalam pidato, bahan tertulis dan dalam rapat dengan pegawai, menumbuhkan persatuan dalam organisasi. Nilai itu dapat juga menjadi kerangka untuk membantu manajer mengambil keputusan. Jika umpamanya, pelayanan kepada pelanggan merupakan prioritas tinggi, maka nilai itu menjadi kriteria dalam proses pembuatan keputusan.

Selalu bergaul dengan orang. Pemimpin yang efektif jarang dipandang sebagai orang yang jauh dan menyendiri. Tetap bergaul dengan pegawai di luar organisasi sama pentingnya dengan pergaulan di dalam organisasi. CEO yang efektif biasanya mempunyai jaringan kontak eksternal dengan pelanggan utama yang dibangun dengan seksama, kawan sederajat (para CEO di dalam maupun di luar industrinya sendiri, khususnya masyarakat finansial), serta pemimpin pemerintahan, ilmuwan dan akademis.

Menghindari profesionalisme tiruan. Sarana bantu manajemen – khususnya sistem informasi yang dengan seketika dapat menyediakan dan menganalisis jumlah data sangat besar – telah tumbuh pesat sekali selama dua dasawarsa terakhir ini. Demikian pula telah menjamur berbagai konsep manajemen mengenai perumusan strategis.

Mengelola perubahan. Sifat ini melengkapi sifat berpandangan luas. Selain memiliki bayangan dari masa depan perusahaan. CEO harus terampil dalam mengadakan perubahan. Pemimpin yang pandai harus dapat “membuatnya terjadi”.

Memilih orang. Setiap CEO yang efektif mahir mengidentifikasikan dan mempertahankan bawahan yang berbakat; mempromosikan mereka dari dalam organisasi, membajaknya dari perusahaan pesaing bahkan dari perusahaan di industri lain.

Hindari “mengerjakan semua sendiri”. Eksekutif utama dari organisasi besar yang mencoba “mengerjakan semua sendiri”, sedang menuju kehancuran potensial. Pemimpin yang berhasil, menyadari bahwa mereka itu tidak mengetahui semuanya; sebagai manusia biasa, mereka memiliki pengetahuan dan kemampuan terbatas.

Menghadapi kegagalan. Akhirnya satu sifat dari pemimpin yang berhasil adalah kemampuan untuk menangani kegagalan. Bukan tidak biasa bagi seorang pemimpin perusahaan terpandang yang telah memperoleh serangkaian keberhasilan, tiba-tiba tertimpa beberapa kegagalan yang berakibat kemunduran keberuntungan perusahaannya. Tetapi pemimpin yang sejati tidak akan ragu-ragu untuk menghadapi kemunduran dan akan mengakui tanggung jawabnya bila memang begitu keadaannya. Yang lebih penting lagi, pemimpin seperti itu akan belajar dari kesalahan yang telah diperbuat dan akan maju terus.

Daftar Pustaka:
Drake, Rodman L., diedit oleh Timpe, A. Dale, 2000, Seri Manajemen Sumber Daya Manusia Kepemimpinan. New York: KEND Publishing.

0 Komentar untuk " Sifat-Sifat Kepemimpinan yang Efektif "