Contoh Metode Penelitian Kuantitatif



Metode penelitian merupakan penentuan pendekatan penelitian sehingga diperoleh solusi yang tepat atas masalah yang diteliti. Menurut Creswell (dalam Silalahi, 2012: 83) mengemukakan sebagai berikut:

Memilih paradigma penelitian sebagai pendekatan atau strategi penelitian dilakukan setelah penelitian merasa cocok dengan fokus dan masalah penelitian. Ada dua pilihan pilihan paradigma dalam penelitian, yakni kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan variabel-variabel yang diteliti, maka penulis menggunakan paradigma penelitian kuantitatif.

Berdasakan pemilihan paradigma penelitian, maka pendekatan penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitaif deskriptif. Menurut Sugiyono (2012: 11), penelitian deskriptif merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan ataumeng hubungkan dengan variabel lain.

Melalui penelitian deskriptif ini, maka dapat diperoleh gambaran mengenai penerapan TQM dan kinerja perusahaan pada PT Heinz ABC Indonesia.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatory (explanatory research) dengan metode penelitian survei korelasional. Penelitian survei menurut Kerlinger dalam Sugiyono (2012: 7) adalah sebagai berikut:

Penelitian survey adalah penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut, sehingga ditemukan kejadian relatif, distributif dan hubungan antar variabel. Sedangkan penelitian korelasional merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih.

Menurut Arikunto (2012: 245) sebagai berikut:

Informasi yang diperoleh dari penelitian survei dapat dikumpulkan dari seluruh populasi dan dapat pula dari hanya sebagian saja dari populasi. Survei yang dilakukan kepada semua populasi dinamakan penelitian survei populasi/penelitian sensus, sedangkan jika pengumpulan data hanya dilakukan pada sebagian dari populasi disebut sebagai survei sampel.

Dengan demikian, penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yaitu statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Dengan demikian, penulis menggunakan jenis penelitian eksplanatory dengan metode survei deskriptif, yakni penelitian untuk membuktikan hipotesis, yaitu pengaruh penerapan TQM terhadap kinerja perusahaan pada PT Heinz ABC Indonesia.

0 Komentar untuk " Contoh Metode Penelitian Kuantitatif "