Contoh Kuesioner Penelitian Skala Likert



Contoh Kuesioner Penelitian Skala Likert - Kuesioner penelitian sebagai instrumen penelitian adalah teknik kuesioner yang digunakan untuk mengumpulkan data primer dari para responden yang menjadi sampel penelitian. Kuesioner penelitian disusun dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang disusun menurut indikator-indikator penelitian yang diperoleh dari pengembangan hasil kajian pustaka. Penyusunan kuesioner menggunakan Skala Likert. Sugiyono (2012:73) menjelaskan :

Skala Likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosial.Jawaban setiap item instrumen yang menggunakan Skala Likert mempunyai gradasi dari sangat positif sampai sangat negatif, yang berupa kata-kata antara lain :


  1. Sangat setuju
  2. Setuju
  3. Kurang setuju
  4. Tidak setuju
  5. Sangat tidak setuju


Untuk keperluan analisis kuantitatif, maka jawaban itu dapat diberi skor sebagai berikut :


  1. Sangat setuju diberi skor 5
  2. Setuju diberi skor 4
  3. Kurang setuju diberi skor 3
  4. Tidak setuju diberi skor 2
  5. Sangat tidak setuju diberi skor 1

Dengan Skala Likert penyusunan kuesioner penelitian mencakup 12 item pernyataan untuk mengungkap variabel kepemimpinan, 12 item pernyataan untuk mengungkap variabel Kompetensi, 12 item pernyataan untuk mengungkap variabel Disiplin Kerja Pegawai, dan sejumlah item pertanyaan mengenai karakteristik responden. Dengan demikian jumlah item pernyataan yang disampaikan kepada subyek penelitian sebanyak 36 item pernyataan.

Pernyataan-pertanyaan dalam Kuesioner Penelitian diajukan dengan menyertai format jawaban yang disusun dengan format Skala Likert. Dengan Skala Likert tersebut akan didapat skor secara konsisten pada setiap jawaban yang dipilih oleh setiap responden penelitian. 

2 Komentar untuk " Contoh Kuesioner Penelitian Skala Likert "

Apakah ini juga berlaku untuk penulisan disertasi

iya, skala Likert berlaku untuk semua jenis penelitian kuantitatif. Jika ada pertanyaan lebih lanjut silakan hub contact us. Trims. salam