Teori Implementasi Kebijakan Grindle Part 5 Habis



Sisi lain dari masalah kebijakan dan mencapai tujuan program dalam lingkungan tertentu adalah responsitas. Idealnya, institusi publik seperti birokrasi harus responsif terhadap kebutuhan yang paling memadai bagi mereka untuk melayani mereka. Selain itu, tanpa responsitas yang cukup selama pelaksanaan, pejabat publik yang kehilangan informasi untuk mengevaluasi pencapaian program dan dukungan dapat berarti bahwa tujuan kebijakan tidak tercapai karena intervensi dari individu-individu atau kelompok yang sama, baik dalam rangka memperoleh spesifik jenis barang dan jasa dalam jumlah yang lebih besar atau untuk menghalangi pemenuhan program tertentu yang tidak dapat diterima oleh mereka sebagai menguntungkan. Dalam hal ini Grindle (1980:14) mengatakan :

Related to this is a theme that emerges in a number of the case studies in this volume: the extent to which political regimens and administrative organizations have the power to implement policies they are committed to. At issue here be decentralized or, on the other hand, controlled from the political or bureaucratic center of the country.

Menurut Grindle, tema yang muncul dalam sejumlah studi kasus adalah sejauh mana rejim politik dan organisasi administratif berkomitmen dan memiliki kekuatan untuk menerapkan kebijakan mereka. Pada masalah ini terjadi desentralisasi atau, di sisi lain, dikendalikan dari pusat politik atau birokrasi negara. Dalam konteks ini pertimbangannya menurut Grindle (1980:15) :

This suggest that consideration of the context of administrative action also involves such variables as the structure of political institutions and the type of regime in which a policy or program is pursued. Matters of ideology, culture, political alliances and payoffs, and international events are other environmental influences that may also have considerable impact on the administrative process, moreover, programs are not implemented in isolation from other public policies; a program’s success may easily be affected by the priorities of political officials or the outcome of other programs.

Ini menunjukkan bahwa pertimbangan konteks tindakan administratif juga melibatkan variabel seperti struktur lembaga-lembaga politik dan jenis rezim di mana kebijakan atau program dicapai. Hal-hal ideologi, budaya, aliansi politik dan hadiah, dan acara internasional pengaruh lingkungan lain yang mungkin juga memiliki dampak yang cukup besar pada proses administrasi, apalagi, program tidak dilaksanakan secara terpisah dari kebijakan publik lainnya, keberhasilan sebuah program dengan mudah dapat dipengaruhi oleh prioritas pejabat politik atau hasil dari program lain. Bagaimana factor-faktor yang disebutkan oleh Grindle itu berkorelasi antara satu sama lain, ditampilan dengan gambar implementasi kebijakan berikut :

Gambar Implementation as a Political and Administrative Process
Implementasi Kebijakan Grindle
Sumber : Grindle, 1980:15

Menurut Grindle (1980:9) keberhasilan implementasi kebijakan ditentukan oleh Content of implementation dan Context of implementation. Content of implementation mencakup kepentingan yang terpengaruhi oleh kebijakan; jenis manfaat yang dihasilkan; derajat perubahan yang diinginkan; kedudukan pembuat kebijakan; siapa pelaksana program; dan sumber daya yang dikerahkan. Context of implementation mencakup kekuasaan, kepentingan dan strategi aktor yang terlibat; karakteristik lembaga dan penguasa; dan kepatuhan dan daya tanggap.
0 Komentar untuk " Teori Implementasi Kebijakan Grindle Part 5 Habis "