Pengertian Manajemen



Suyadi Prawiro Sentono, (1999:307) Mendeskripsikan pengertian Manajemen sebagai berikut:
Management is a set of linkaged, integrated and sequencing activities to synergism the human being, natural resources and technical know how to well match the predetermined goals and considering the natural environment. Those activities are planned, implemented and controlled under the following ethical performance”:
  1. Ing ngarso sung tulodo (wise leadership)
  2. Ing madyo mangun karso (the middle management encourage the personnel’s creativity)
  3. Tut wuri handayani (the management supporting)
  4. Alon-alon waton kelakon (effectivitiness)
  5. Jer basuki mawa bea (efficiently)
Penjelasan dari definisi tersebut adalah sebagai berikut: Manajemen adalah suatu perangkat kegiatan-kegiatan yang saling berkaitan (link), terpadu (integrated) dan berurutan (sequencing) satu sama lain untuk mensinergikan sumber daya manusia, sumberdaya alam dan teknologi sesuai dengan (to match) tujuan-tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, dengan memperhatikan lingkungan hidup.

Ermaya Suradinata, (1998:14) mendeskripsikan pengertian manajemen sebagai berikut: Manajemen dapat dirumuskan sebagai kemampuan yang berhubungan dengan usaha untuk mencapai tujuan tertentu dengan jalan menggunakan manusia dan berbagai sumber yang tersedia dalam organisasi dengan cara yang seefisien mungkin.

David Lioyd, yang dikutip Suyadi (1999:290) mendeskripsikan pengertian manajemen adalah sebagai berikut:
”The therm of management has two important meanings. One dictionary defines management as “the act, art or manner of handling, controlling or directing and the group of those who manage or direct an enter prise.”
Pengertian di atas dapat diartikan bahwa istilah manajemen mempunyai 2 (dua) arti penting yaitu pertama, manajemen sebagai tindakan/kegiatan, seni atau cara menangani atau melaksanakan, mengawasi dan mengarahkan. Kedua, adanya sekelompok orang yang mengatur/mengarahkan untuk mencapai tujuan dalam suatu perusahaan.

Dari uraian yang dipaparkan para pakar di atas dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah suatu kegiatan atau tindakan yang dinyatakan berupa kemampuan yang berhubungan satu dengan yang lainnya dalam usaha untuk mencapai tujuan organisasi (perusahaan).

0 Komentar untuk " Pengertian Manajemen "