Teori Efektivitas



Menurut Ravianto (1989:113), pengertian efektivitas adalah seberapa baik pekerjaan yang dilakukan, sejauh mana orang menghasilkan keluaran sesuai dengan yang diharapkan. Ini berarti bahwa apabila suatu pekerjaan dapat diselesaikan dengan perencanaan, baik dalam waktu, biaya maupun mutunya, maka dapat dikatakan efektif.

Ndraha (2005:163), efisiensi digunakan untuk mengukur proses, efektivitas guna mengukur keberhasilan mencapai tujuan”. Khusus mengenai efektivitas pemerintahan, Ndraha (2005:163) mengemukakan :
Efektivitas (effectiveness) yang didefinisikan secara abstrak sebagai tingkat pencapaian tujuan, diukur dengan rumus hasil dibagi dengan (per) tujuan. Tujuan yang bermula pada visi yang bersifat abstrak itu dapat dideduksi sampai menjadi kongkrit, yaitu sasaran (strategi). Sasaran adalah tujuan yang terukur, Konsep hasil relatif, bergantung pada pertanyaan, pada mata rantai mana dalam proses dan siklus pemerintahan, hasil didefinisikan. Apakah pada titik output? Outcome? Feedback? Siapa yang mendefinisikannya : Pemerintah, yang-diperintah atau bersama-sama?
Apapun penilaiannya, efektivitas birokrasi yang menyelenggarakan fungsi-fungsi pemerintah menjadi hal yang sangat penting dalam proses penyelenggaaan pemerintahan daerah.

Barnard (dalam Prawirosoentono, 1997: 27) berpendapat “Accordingly, we shall say that an action is effective if it specific objective aim. It is efficient if it satisfies the motives of the aim, whatever it is effective or not.” Pendapat ini antara lain menunjukkan bahwa suatu kegiatan dikatakan efektif apabila telah mencapai tujuan yang ditentukan.

Mengutip Ensiklopedia administrasi, (The Liang Gie, 1967) menyampaikan pemahaman entang efektifitas sebagai berikut :
Efektifitas adalah suatu keadaan yang mengandung pengertian mengenai terjadinya suatu efek atau akibat yang dikehendaki, kalau seseorang melakukan suatu perbuatan denngan maksud tertentu yang memang dikehendaki. Maka orang itu dikatakan efektif kalau menimbulkan atau mempunyai maksud sebagaimana yang dikehendaki.
Dari diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa suatu hal dapat dikatakan efektif apabila hal tersebut sesuai dengan dengan yang dikehendaki. Artinya, pencapaian hal yang dimaksud merupakan pencapaian tujuan dilakukannya tindak-tindakan untuk mencapai hal tersebut. Efektivitas dapat diartikan sebagai suatu proses pencapaian suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Suatu usaha atau kegiatan dapat dikatakan efektif apabila usaha atau kegiatan tersebut telah mencapai tujuannya. Apabila tujuan yang dimaksud adalah tujuan suatu instansi maka proses pencapaian tujuan tersebut merupakan keberhasilan dalam melaksanakan program atau kegiatan menurut wewenang, tugas dan fungsi instansi tersebut.

13 Komentar untuk " Teori Efektivitas "

bos, ga tercantum daftar pustakanya yh ?
klo ada ane minta
kirim ke Aditiaphee@gmail.com

bole minta daftar putakanya ga kaka ?
saya lagi bikin skripsi ini nyari teori tentang efektivitas, segala hal yang berhubungan dengan efektivitas ?
sy oba conktack ke email kaka tp ga bisa, ini email saya annisa.karimah@gmail.com, terima kasih sebelumnya.

boleh minta juga daftar pustakanya g ka ke dolphin_cute65@yahoo.co.id
Terima Kasih

makasih ya buat artikelnya,, sangat membantu saya,,,,
bole sy minta daftar pustaknya,,, saya pengen tahu buku-buku yang berkaitan dengan efektivitas,, soalnya saya lagi skripsi,,, makasih ya,,,,,,
ni email saya... sachi_rumbarak@yahoo.com..

boleh minta daftar pustaka nya dari ravianto ?? bisa dikirim di email saya di checiliadws@gmail.com . terimakasih :)

boleh minta daftar pustaka nya dari ravianto kakak ? soalnya saya lg skripsi sekarang . mohon bantuan nya . bisa dikirim di email saya di checiliadws@gmail.com . terimakasih :)

boleh minta daftar pustaka nya dari kak? soalnya saya lg skripsi sekarang . mohon bantuan nya yaaa bisa dikirim di email saya di nurniyanti@gmail.com . terimakasih :)

boleh minta daftar pustaka nya dari kakak ? soalnya saya lg skripsi sekarang . mohon bantuan nya . bisa dikirim di email saya di nurniyanti@gmail.com . terimakasih :)

Bisa minta daftar pustakanya tentang teori efektifitas ndak ?? terutama kalo dari terbitan buku-buku terbaru dari 2009-2013.

Bisa email ke lusiana.aurelia@yahoo.co.id

Thank you

bisa minta daftar pustakanya? imel saya danu.ritasetiyabudi@gmail.com. terima kasih. danu

bisa minta daftar pustakanya kakak?
kirim ke setosumirat@gmail.com, makasih ya kakak sudah membantu

untuk daftar pustaka silakan klik link di atas atau gunakan form pencarian konten di sidebar kanan atas lalu tekan tombol Ctrl+f untuk pencarian cepat. Trims.