Pengertian Human Capital


Human capital merupakan pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan seseorang yang dapat di gunakan untuk menghasilkan layanan professional dan economic rent. Teori human capital membedakan human capital dalam industry-specific human capital (Coff, 1997). Firm-specipic human capital merupakan pengetahuan menganai rutinitas dan prosedur yang khas dari sebuah perusahaan, yang membatasi nilai tersebut keluar dari perusahaan tersebut. Industry-specific human capital merupakan pengetahuan rutinitas yang khas dalam suatu industri yang tidak dapat ditransfer ke industri lain.

Perbedaan firm-specifik dan industry-specific yang utama terletak dalam spesifitanya. Industry-specipic kurang memiliki spesifitas perusahaan, sehingga seorang profesional dapat pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya di seluruh pasar (dalam industri yang sama) tanpa menghilangkan nilai industry specific perusahaan sebelumnya.

Human capital menjadi sangat penting karena merupakan sumber inovasi dan pembaharuan. Namun demikian individu yang pandai tidak selalu berarti perusahaan yang pintar. Sebuah universitas adalah kumpulan dari orang-orang cerdas, tetapi bukan contoh kecerdesan kolektif, maka keseluruhan universitas tersebut tidak seluruhnya cerdas. Di lain pihak, orang-orang yang bekerja di McDonald memiliki IQ rata-rata, namunn mampu menyediakan kualitas yang sama di berbagai Negara dan budaya. Mereka memodulasi dan menstandarisasi pengetahuan mereka. (Sugeng, 2002:200,201)



0 Response to " Pengertian Human Capital "

Poskan Komentar

Tesis Disertasi Com. Diberdayakan oleh Blogger.