Pengertian Budaya Organisasi



Budaya organisasi yang terungkap dari keseluruhan aspek dan perilaku birokrasi pemerintahan adalah bagian integral kebudayaan masyarakat Indonesia. Karena itu, persoalan budaya organisasi itu jelas tidak terlepas dari konteks kebudayaan masyarakat Indonesia, karena budaya itu merupakan way of life sebagaimana yang dimaksud oleh Ashly Montagu dan Christoper Dawson (1993), yang diartinya sebagai suatu cara hidup tertentu yang memancarkan identitas tertentu pula dari suatu bangsa.

Menurut Ouchi (1982) dalam Johannes (2007:29), sebagai salah seorang yang pemikirannya juga dijadikan referensi oleh Jo Hacth, mengatakan Budaya organisasi tercakup dalam falsafah manajemennya, yang terdiri atas teori- teori, dan secara tersirat menjelaskan sasaran dan prosedur yang digunakan untuk mencapainya. Sasaran itu meliputi nilai-nilai dari pemilik organisasi, karyawan, relasi dan pemerintah. Suatu falsafah organisasi memberikan pengertian tentang norma-norma bekerja untuk hidup, menyarankan cara bertingkah laku dalam organisasi dan menunjukkan bagaimana organisasi bertingkah laku sebagai tanggapan terhadap karyawan, relasi dan masyarakat yang dilayaninya.

Salah satu konsep pemahaman terhadap fenomena budaya organisasi terindikasi dari rangkaian perilaku organisasi (behavior organizations). Menurut Robbins (1996:9) Perilaku organisasi (OB) adalah suatu bidang studi yang menyelidiki dampak perorangan, kelompok dan struktur pada perilaku dalam organisasi dengan maksud menerapkan pengetahuan semacam itu untuk memperbaiki keefektifan organisasi.



2 Komentar untuk " Pengertian Budaya Organisasi "

berikut kami sajikan paper mengenai budaya organisasi

http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2662/1/Psi-7.pdf

postingan ini sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi