Pengaruh Transaksi Harian dan Pelaksanaan Fungsi Pengawasan Terhadap Limit Kas Cabang RSCM Bank X



ABSTRAK
Judul Penelitian
Pengaruh Transaksi Harian dan Pelaksanaan Fungsi Pengawasan Terhadap Limit Kas Cabang RSCM Bank X

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Transaksi Harian (X1) dan Pelaksanaan Fungsi Pengawasan (X2) terhadap Limit Kas pada Cabang RSCM Bank X, dengan mengambil sampel sebanyak 40 responden. 40 responden sebagai sampel tersebut diambil dari total populasi subyek 60 dengan yang semuanya adalah staff pada Cabang RSCM Bank X.
Kedua variabel bebas dan variabel terikat tersebut dioperasionalisasikan dengan metoda penelitian sebagai berikut :
  • Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Stratifikasi Random;
  • Scoring atas jawaban-jawaban responden menggunakan Teknik Skala Likert;
  • Analisis Data menggunakan Deskriptif Kuantitatif dan Deskriptif Kualitatif;
  • Untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel X1 terhadap Y dan X2 terhadap Y digunakan Teknik Statistik “Regresi Sederhana”. Untuk mengetahui besarnya variabel X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y penulis menggunakan Teknik Statistik “Regresi Linear Berganda” yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS 10.1 for Windows.
Dengan teknik tersebut diperoleh hasil penelitian sebagai berikut :
  • X1 berpengaruh terhadap Y, karena t hitung lebih besar daripada t tabel, (13,952 >2,021) pada taraf signifikansi 5%. Artinya, terdapat pengaruh positif variabel bebas Transaksi Harian terhadap Limit Kas pada Cabang RSCM Bank X.
  • X2 berpengaruh terhadap Y, karena t hitung lebih besar daripada t tabel, (2,215>2,021) pada taraf signifikansi 5%. Artinya, terdapat pengaruh positif variabel bebas Pelaksanaan Fungsi Pengawasan terhadap Limit Kas pada Cabang RSCM Bank X.
  • X1 dan X2 secara bersama-sama berpengaruh terhadap Y, karena F Hitung lebih besar dari F tabel, (111,199 > 4,01 ), pada taraf signifikansi 5%. Artinya, terdapat pengaruh positif Transaksi Harian dan Pelaksanaan Fungsi Pengawasan secara bersama-sama terhadap Limit Kas pada Cabang RSCM Bank X.
Dari hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima, karena terdapat pengaruh positif Transaksi Harian dan Pelaksanaan Fungsi Pengawasan baik secara individu maupun secara bersama-sama terhadap Limit Kas pada Cabang RSCM Bank X.

0 Komentar untuk " Pengaruh Transaksi Harian dan Pelaksanaan Fungsi Pengawasan Terhadap Limit Kas Cabang RSCM Bank X "