Pengaruh Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Daerah Kabupaten Kepulauan Riau



ABSTRAK

Pengaruh Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Daerah Kabupaten Kepulauan Riau
(Kajian tentang pengaruh Pajak Daerah yang mencakup Kecukupan dan Elastisitas, Keadilan, Kemampuan Administrasi, Kesepakatan Politis, Administratif Pajak Daerah terhadap Pembiayaan Daerah Kabupaten Kepulauan Riau)

Latar belakang masalah penelitian adalah fenomena penerimaan Pendapatan Daerah Kabupaten Kepulauan Riau yang belum optimal. Belum optimalnya pendapatan daerah Kabupaten Kepulauan Riau dapat dianggap sebagai suatu fenomena manajemen keuangan daerah yang tidak berdiri sendiri. Fenomena itu jelas berkorelasi atau dipengaruhi berbagai faktor. Sejumlah faktor yang dimaksud ini pada dasarnya dapat dipilah dari dua sudut pandang, yaitu faktor-faktor internal Pemerintah Kabupaten Kepulauan Riau, dan faktor-faktor eksternal pemerintah tersebut.

Berdasarkan Teori Davey maka masalah yang dijadikan obyek penelitian dibatasi hanya pada analisis pengaruh Pajak Daerah yang dinilai dari pengaruh variabel Kecukupan dan Elastisitas, variabel Keadilan, variabel Kemampuan Administrasi, variabel Kesepakatan Politis, variabel Adminstrasi Pajak terhadap variabel Pendapatan Daerah Kabupaten Kepulauan Riau.

Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengaruh variabel Kecukupan dan Elastisitas Pajak Daerah, variabel Keadilan Pelaksanaan Pajak Daerah, variabel Kemampuan Administrasi Pengelolaan Pajak Daerah, variabel Kesepakatan Politis Pelaksanaan Pajak Daerah, variabel Administrasi Pajak Daerah terhadap variabel Pendapatan Daerah Kabupaten Kepulauan Riau.

Sampel penelitian sebanyak 40 responden yang diambil secara sensus dari keseluruhan pegawai pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kepulauan Riau. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Studi Kepustakaan dan Teknik Kuesioner. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan program SPSS for Windows dengan rumus statistik Regresi Sederhana dan Regresi Berganda.

Dari pembahasan hasil penelitian yang menggunakan metode analisis kuantitatif dan analisis kualitatif diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
  1. Hipotesis pertama, kedua, ketiga, keempat, dan kelima semua hasil hipotesis pengujian menunjukan nilai positip pada regresi sederhana yang semua H1 diterima, terhadap Pendapatan Daerah Kabupaten Kepulauan Riau. Adanya pengaruh positif tersebut bermakna bahwa kelima variabel ditingkatkan atau meningkat, maka peningkatan tersebut akan diikuti dengan peningkatan Pendapatan Daerah Kabupaten Kepulauan Riau.
  2. Pada Hipotesis berganda yang kelima variabel bebas digabung menjadi satu diketahui bahwa yang paling berpengaruh positif terhadap Pendapatan Daerah Kabupaten Kepulauan Riau adalah variabel keadilan sedangkan keempat variabel bebas lainnya tidak ada pengaruh terhadap Pendapatan Daerah Kabupaten Kepulauan Riau.


0 Komentar untuk "Pengaruh Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Daerah Kabupaten Kepulauan Riau"