Intisari The Art of The Long View dari Peter Schwartz



“Anda mungkin tidak selalu benar mengenai masa depan, tetapi lebih baik anda hampir tidak pernah salah tentang masa depan”. Mungkin itu salah satu ungkapan yang tepat untuk mendasari dan menggambarkan pemahaman mengenai “The Art of The Long View”. Tujuan “The Art of The Long View” dari Peter Schwartz adalah untuk menjelaskan proses apa yang disebut "scenario-building" yang memungkinkan para pembuat kebijakan untuk menemukan dan kemudian mempertimbangkan secara mendalam beberapa variasi cerita tentang masa depan yang logis sehingga mereka dapat membuat keputusan strategis. Menurut Schwartz, “scenario-building" bukan tentang memprediksi masa depan, tetapi lebih kepada tentang bagaimana menjadi sadar akan kemungkinan yang terjadi di masa mendatang sehingga para pembuat kebijakan dapat membuat keputusan yang baik di masa depan. Schwartz menekankan bahwa perencanaan skenario tidak sama dengan meramalkan masa depan.

Dalam “The Art of The Long View”, Schwartz menyajikan sebuah pendekatan revolusioner untuk mengembangkan visi strategis dalam bisnis dan kehidupan, sebuah panduan bagi para manajer, pengusaha, dan investor yang menjelaskan bagaimana menerapkan kreatif dan intuitif praktek keterampilan untuk perusahaan. Dengan “The Art of The Long View” para pembuat kebijakan yang tertarik dalam perencanaan strategis, futurisme atau perubahan dapat mempelari apa itu perencanaan skenario, bagaimana prinsip-prinsip dan langkah-langkah dalam perencanaan skenario serta mempelari bagaimana cara menggunakannya bagaimana mempersiapkan dan merencanakan kemungkinan-kemungkinan yang berbeda mengenai masa depan untuk membuat keputusan yang strategis.

Schwartz mengungkapkan bagaimana masyarakat, teknologi, ekonomi, politik, dan unsur-unsur lingkungan saling terkait dan merupakan kekuatan pendorong di masa depan. Meskipun memang terjadi diskontinuitas dan intuisi individu memiliki kapasitas untuk merencanakan ke depan sehingga tidak akan siap menghadapi peristiwa semacam itu. Meskipun kesadaran, keterbukaan, dan persiapan dalam pengembangan skenario, individu-individu dapat mempersiapkan diri untuk berbagai kemungkinan masa depan.

Dengan demikain, intisari Schwartz “The Art of The Long View” adalah memberikan gagasan bahwa perubahan itu selalu akan terjadi, dan walaupun kita mungkin tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi, tetapi kita dapat berpikir tentang semua hal yang mungkin terjadi, dan mengembangkan kemungkinan dan ide untuk menghadapi kemungkinan yang terjadi dalam pemerintahan di masa depan.

0 Komentar untuk " Intisari The Art of The Long View dari Peter Schwartz "