Strategi Pemasaran PT Bni Life Insurance Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Asuransi



Abstrak

Latar belakang masalah penelitian adalah penjualan produk asuransi PT BNI Life Insurance yang meningkat dalam beberapa tahun. Terhadap fenomena tersebut, pertanyaan yang diajukan adalah “Bagaimana PT BNI Life Insurance meningkatkan penjualan produknya?”

Untuk menjawab pertanyaan itu dipilih jenis penelitian deskriptif, menggunakan metode analisis kualitatif, dan jenis data yang dikumpulkan adalah data primer data sekunder. Data primer diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada 30 responden. Dari pembahasan hasil penelitian yang menggunakan metode analisis kualitatif diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
  1. Perencanaan dan pengendalian produk asuransi pada PT BNI Life Insurance sudah didasarkan pada analisis lingkungan strategis, pertimbangan faktor kunci keberhasilan dan menjadi bagian integral kebijakan manajemen strategik sebagaimana yang tertuang dalam perencanaan strategis perusahaan. Perencanaan dan pengendalian produk tersebut cukup efektif untuk menyikapi situasi perekonomian, persaingan bisnis dan meningkatkan omset penjualan produk. Dengan penympulan lain bahwa pihak manajemen BNI Life Insurance telah mempertimbangan berbagai faktor kunci keberhasilan yang tercakup dalam suatu konsep produk yang dipasarkannya. Berbagai faktor yang dipertimbangkan oleh manajemen BNI Life Insurance itu tidak terbatas hanya pada pengertian kualitas produk saja, tetapi berbagai faktor lain yang terkait dalam pemasaran produk, yang dipandang sebagai serangkai faktor kunci keberhasilan penjualan produk. Faktor-faktor kunci keberhasilan penjualan produk yang dipertimbangkan oleh pihak manajemen BNI Life Insurance meliputi keselarasan product, price, place and promotion.
  2. Meskipun Perencanaan dan Pengendalian Harga pada masing-masing jenis Asuransi BNI Life Insurance senantiasa mempertimbangkan faktor persaingan bisnis sejenis dan faktor keuntungan perusahaan, namun perencanaan dan pengendalian harga terebut sudah diselaraskan dengan kebutuhan dan harapan nasabah, agar dengan demikian produk-produk BNI Life Insurance tetap survive dalam menyikapi dinamika pasar. Dengan penyimpulan lain bahwa manajemen BNI Life telah memperhitungkan kebutuhan dan harapan para nasabah sebagai faktor penentu dalam mencapai target-target penjualan produk. Artinya, manajemen BNI Life berupaya menempatkan kebutuhan dan harapan nasabah sebagai fokus kajian dalam mengembangkan strategi perencanaan dan pengendalian harga untuk masing-masing jenis produk Asuransi BNI Life Insurance. Hal ini penting sekali, karena tolok ukur keberhasilan dalam melaksanakan strategi perencanan dan pengendalian harga tertumpu pada kebutuhan dan harapan serta kemampuan ekonomi calon-calon nasabah yang terdiri dari berbagai kalangan dan kelompok.
  3. Strategi Perencanaan dan Pengendalian Promosi produk-produk baru BNI Life Insurance secara kreatif, fleksibel, efektif dan efisien untuk meningkatkan penjualan produk sudah dijadikan kebijakan dan strategi pemasaran, agar produk-produk BNI Life Insurance tetap survive dalam menyikapi tantangan pasar. Dengan penyimpulan lain bahwa manajemen BNI Life telah memandang penting konsep perencanaan dan pengendalian promosi agar promosi yang dilakukannya senantiasa efektif untuk mengantisipasi persaingan bisnis sejenis; dan untuk menyikapi dinamika pasar yang semakin menuntut kualitas produk. Pandangan ini teraktualisasi melalui peningkatan penjualan produk yang berkesinambungan yang dicapai oleh BNI Life Insurance dalam beberapa tahun terakhir.

0 Komentar untuk " Strategi Pemasaran PT Bni Life Insurance Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Asuransi "