Cara Merancang Metodologi Penelitian


Metodologi Penelitian adalah ilmu yang mempelajari prinsip, prosedur, ketentuan dan cara-cara penelitian yang sekurang-kurangnya mencakup empat komponen utama pengetahuan, yakni pengetahuan tentang pengenalan sumber data serta ketentuan dan cara penarikan sumber data; pengetahuan tentang jenis-jenis dan karateristik data; pengetahuan tentang cara-cara pengumpulan data untuk masing-masing jenis data; dan pengetahuan tentang penerapan metode analisis data untuk masing-masing jenis data. Metode Penelitian adalah prosedur dan teknis penelitian yang dipandang sebagai Operate Point.

Metode Penelitian dalam penyusunan Proposal Penelitian, Tesis dan Disertasi berfungsi untuk menunjukkan sumber data dan menjelaskan jenis data; menjelaskan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk masing-masing sumber dan jenis data; dan untuk menjelaskan metode analisis data yang digunakan untuk mengolah masing-masing jenis data.

Penyusunan Metode Penelitian sama dengan menyusun perencanaan teknis penelitian. Minus disain pengukuran serta definisi dan operasionalisasi variabel penelitian, maka cara mudah memahami rancangan Metode Penelitian adalah dengan memahami empat komponen utama Metode Penelitian, yakni: Sumber Data; Jenis Data; Teknik Pengumpulan Data; dan Metode Analisis Data. Dari keempat komponen utama inilah diperoleh turunan sub-sub komponen yang menunjukan prosedur dan tata cara penelitian yang dipilih dan digunakan dalam penyusunan Proposal Penelitian, Tesis dan Disertasi.

0 Response to " Cara Merancang Metodologi Penelitian "

Poskan Komentar